Sejarah islam terjadi perpecahan setelah Rosulluloh wafat

Sejarah islam terjadi perpecahan setelah Rosulluloh wafat

Sebelum Rosulluloh wafat,Rosul pernah bersabda " demi Tuhan yg menguasai diri muhammad,ssgh nya Umat ku nanti akan terpecah menjadi 73 golongan,yg satu akan masuk ke sorga dan yg 72 ke neraka,(HR,Imam Thobroni),Jika kita mengacu pada hadis di atas bahwa islam memang akan terpecah2 menjadi banyak golongan bahkan hingga 73 golongan,Bagi saya penulis artikel ,saya sering timbul pertanyaan kenapa sih banyak sekali negara yg mayoritas islam berseteru dengan Negara islm juga? kenapa sih ketika kaum muslim yg ada di gaza palestina di bombardir oleh Zionis Israil negara islm yg lain tidak bersatu padu dan membantu sodara2 kita yg ada di gaza?
Sejarah islam  terjadi perpecahan setelah Rosulluloh wafat
Sejarah islam  terjadi perpecahan setelah Rosulluloh wafat
Setelah sy telusuri dari cerita sejarah,kilas balik Pada th 1967 perang terjadi perang antara Israil dengan negara2 Arab yg waktu itu di menangkan Oleh Israel,pada Th 1990,terjadi perang teluk antara irak dam amerika serikat dan para sekutunya,ygwaktu itu irak harus takluk pada amerika dan para sekutunya,bahkan sebelumnya antara Irak dan Iran yg notabene adalah sama2 negara Islam,pada Th 2006 juga pernah terjadi peperangan antara Hizbuuloh dengan Israel,pada Th 2009 antara hamas melawan Yahudi israel yg terjadi di jalur gaza,bahkan hingga saat ini orang2 islam yg ada di jalur gaza palestika msih terus semangat mengusir penjajah yaitu bangsa israel,walaupun kaum muslimin kalah telak,ini masih terjadi hingga sekarang ini,kemana kaum muslim yg lain,kemana negara2 sesama muslim? mungkin itulah yg timbul di hati kita ketika kita melihat sodara2 kita di jalur gaza masih di tindas oleh Zionis israel.

Berdasarkan Data sejarah Agama Islam memang telah lama terjadi perang keyakinan antara satu penganut dan penganut lainya,yaitu 2 Golongan mayoritas Sunni dan Syiah,Nah kenapa ini bisa terjadi? bukan kah jika semua bersatuakan lebih kuat? ternyata dari cerita sejarah islam pun telah terjadi beberapa hal yg membuat Islam setelah Wafatnya rosulluloh terbelah menjadi 2 golongan yaiti sunni dan Syiah.

-Pertama adalah: ketika sehari setelah Rosulluloh wafat pernah terjadi ketegangan antara Kaum ansor dan muhajir,yaitu penduduk asli mekkah dan kaum pendatang,sehari setelah rosulluloh wafat hal ini telah terjadi perselisihan.

-Yg kedua adalah:di era ke empat kholifah,suhu politik telah memanas bahkan beberapa golongan yg mendukung ali,terus menggugat menggunakan hadist Ghadir Khum,menganggap bahwa yg berhak menjadi kholifah setelah Nabi  muhammad wafat adalah ali dan menganggap 3 kholifah sebelumnya tidak syah.

-Yg ke tiga:sewaktu pemerintahan utsman bin affan telah terjadi pemberontokan bahkan di peristiwa itu kholifah utsman bin affan terbunuh,kejadian ini membuat kegentingan keseluruh negara2 islam yg saat itu telah tersebar ke Afrika ,persia bahkan persia, pemberontakan ini menguasai madinah dan tidak mempunyai pilihan selain terpilihnya Ali bin abi thalib sebagai kholifah.

-Ke empat :pada Th 61 H,Terjadi insiden karbala di Irak,yaitu tragedi pembunuhan terhadap cucunya Nabi yg bernama Husain Bin Ali,atau yg biasa disebut Imam Husain,kejadian ini terjadi di Th,680 M,pembunuhan ini di latar belakangi oleh pengaruh politik kekuasaan,"Muhammad telah di bunuh Oleh Muhammad"persitiwa ini menjadi sumber perpecahan umat islam Penganut sunni dan Syiah,Kaum Syaih menggugat kepada Kaum sunni telah murtad dan membuanuh cucu Nabi muhammad.sebaliknya kaum Sunni juga menuduh kaum Syiah telah sesat.Rupanya tudingantudingan inilah yg sampai saat ini belum terselesaikan dan selalu menjadi akar permusuhan di antara keduanya.

Di zaman modern seperti saat ini bahkan negara2 arab juga telah terkotak- kotak menjadi berbagai negara,bahkan hubungan antara satu dengan yg lainya yg notabene adalah sesama muslim juga tidak harmonis,karna di masing2 negara mempunyai sekterian yg berbeda,ada yg menganut sunni ada pula ygmenganut Syiah,salah satu contoh pada th 1980 terjadi perang antara Iran dan Irak,Iran mayortas penduduknya adalah kaum Syiah sedangkan irak mayoritas penduduknya adalah kaum Sunni.

Contoh kongkrit lainya adalah ketika tentara Hizbulloh yg memang pejuang kaum syiah,ketika tentara Hizbulloh berperang melawan kaum kafir hanya negara yg mayoritas syiah saja yg ikut membantu,seperti Iran dan Suriah.bahkan yg lebih miris sering terjadi peperangan antara antara kaum sunni dan Syiah yg sama2 ada di negara palestina,yaitu darai kelompok fattah.

Bahkan di irak setelah Rezim saddam Husain wafat terjadi perang saudara antar sekte yg masing2 berjuang sendiri melawan kaum kafir .yg terjadi adalah apabila terjadi peperangan di suatu negara yg mayoritas kaum syiah negara lain yg mayoritas kaum sunni tidak mau ikut membantu.begitu juga sebaliknya,salah satu contoh lagi,ketika Negara Iran yg memang mayoritas kaum Syaih mendapatkan tekanan dari negara amerikaserikat dan sekutunya maka tidak mendapatkan dukungan solidaritas negara2 Islam yg mayoritas nya kaum Sunni.

Dari kilas balik cerita dan fakta sejarah bahwa politik dan kekuasaan telah memecah belah persatuan Agama Islam.bahkan Setelah sehari Nabi muhammad wafat pun perselisihan itu telah terjadi,sampai detik ini sampai artikel ini di tulis antara kaum syaih dan kaum sunni masih belum bisadi satukan,semuanya menganggap paling benar,bahkan saling mencurigai,mereka sama saling mengklain alquran merka yg paling asli.entah lah Alloh taala lah yg paling tahu hal ini,Di negara kita indonesia walaupun mayoritas islam adalah penganut Sunni marilah kita perkuat ukuwah islamiah ,hadapi perbedaan,dan bersatulah wahai kaum muslimin walaupun kita berbeda .

Nah itulah beberapa perbedaan dan penyebab perselisihan kaum muslimin dari zaman Rosulluloh wafat hingga saat ini Trima kasih telah menbaca artikel singkat ini semoga bermanfaat,tidak ada niatan untuk memacah belah umat hanya kilas balik sejarah yg terjadi apabilaada kesalahan penulisanya mohon maaf tentunya tidak ada unsur kesengajaan salah Ukhuwah Isklamiyah.

Baca juga kisahsejarah islam lainya di bawah ini:
Kisah Nabi Muhammad Menjelang wafat
Sejarah Islam Cerita singkat tentang perang badar
Sejarah Islam Hijrahnya Nabi Muhammad Dan para sahabatnya
Sejarah islam Agama Rahmatal lil alamin
Sejarah islam terjadi perpecahan setelah Rosulluloh wafat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wajibnya menetapi jamaah

0 comments:

Posting Komentar