Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan


Sebagai umat islam Sholat telah menjadi kuwajiban bagi muslim maupun muslimah,Sholat menjadi ibadah wajib bagi orang islam sejak usia Aqil baligh,bagi seorang perempuan usia Aqil Baligh di tandai ketika telah haid/mentruasi dan bagi laki-laki biasanya ditandai ketika telah bermimpi yg menyebabkan mandi jenabat(bermimpi melakukan hubungan suami istri dan mengeluarkan sperma) Ketika muslim maupun muslimah telah mengalami 2 hal di atas berarti wajib baginya Sholat lima waktu yaitu:shubuh,dhuhur,asar,maghrib dan isya.
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
Di dalam kitab suci Alquran alloh memerintahkan sholat bagi hambanya ssalah satunya terdapat di dalam ( QS.Al-Baqarah ayat 43)Di dalam ayat ini Alloh menjelaskan Dirikanlah Sholat,Tunaikan Zakat dan ruku'lah bersama orang2 ygRuku'/Sholat berjamaah.

Tahukan anda bahwa gerakan sholat 5 waktu itu jika di kerjakan dgn benar/sesuai perintah Alloh,yaitu dengan tumakninah akan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia dari gerakan pertama yaitu TAKBIROTUL IHRAM hinga Salam semua sangat baik bagi kesehatan manusia,penasaran yuk kita simak satu persatu gerakan shlat di bawah ini.


  • Takbirotul ihrom
  •  Posisi takbirotul ihrom yaitu :postur tubuh manusia berdiri dgn tegak,kemudian mengangkat kedua tangan hingga pundak atau telinga ,kemudian melipat tangan di depan perutatau dada.
  • Manfaat gerakan ini adalah:untuk memperlancar peredaran darah,limfe(getah bening)juga melatih kekuatan otot lengan,saat mengangkat kedua tangan anda berarti posisi oto bahu mergang sehingga darah mengalir dengan banyak oksigen/kaya oksigen/peredaran darah menjadi lancar,di poisis ini letak jantung berada di bawah otak,sehingga memungkinkan darah mengalir keseluruh tubuh.kedmudian posisi tangan berada di depan perut atau dada,posisi ini membuat anda terhindar dari maslah persendian khusus nya tubuh bagian atas.
    Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
    Gerakan takbirotul ihrom
  • RUKUK
  • posisi rukuk yg sempurna adalah ketika posisi kepala lurus dengan tulang belakang dan jika di letakan segelas air di punggung maka tidak akan tumpah.
  • Manfaat gerakan:di posisi rukuk ini menjadi penjaga kesempurnaan fungsi dan posisi tulang belakang,yg mana tulang belakang berfungsi sebagai penyangga tubuh juga pusat syaraf.di posisi rukuk ini posisi jantung sejajar dengan otak manusia sehingga membuat darah maksimal mengalir keseluruh bagian tengah tubuh anda,sedangkan tangan yg bertumpu kelutut bermanfaat sebagai relaksasi bgi oto2 bahu sampai kebawah,selain itu gerakan rukuk juga sangat baik untuk mencegah gangguan prostad atau bisa di bilang untuk latihan kemih.
  • Gerakan Itidal Gerakan Itidal adalah gerakan berdiri dari rukuk dan mengangkat kedua tangan hinga bahu/telinga,kemudian duduk untuk sujud gerakan ini sangat baik bagi pencernaan manusia karna saat gerakan ini terjadi organ2 dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara silih berganti sehingga efeknya membuat pencernaan lebih lancar.
    Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
    Gerakan i'tidal


  • SUJUD
  • Posisi sujud adalah posisi di mana anda menungging,meletakn 2 tangan,ujung kaki dan lutut dan dahi anda pada lantai
  • Manfaat gerakan:Di posisi ini aliran getah bening di pompa ke bagian ketiak dan leher,posisi jantung berada di atas otak sehingga memaksimalkan jantung memompa darah maksimal keotak,sehingga bermanfaat untuk menambah daya kerja otak manusia maka sempurnakan sujud anda secara tumakninah dan jgn tergesa2 agar darah dapat mencukupi kapasitasnya di otak sehinggasempurnakan sujud anda.selain itu dengan sujud juga membantu menghindarkan diri anda dari wasir,bahkan bagi wanita posisi sujud maupun ruku memiliki manfaat ygsangat luarbiasa yaitu bermanfaat bagi kesuburan dan juga kesehatan organ kewanitaan.
    Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
    Posisi sujud saat sholat
  • DUDUK Attahiyat
  • posisi ini ada dua macam yaitu attahiyat awal dan ahir bagi kaum muslim seyogyanya tidak perlu sy jelaskan posisinya karna tiap hari kita telah menjalankanya.
  • Manfaat posisi ini:Ketika manusia duduk dengan posisi ini kita bertumpu pada pangkal paha yg mana paha terhubung dgn Syaraf nervus Ischiadius,sehinggadengan posisi ini kita terhindar dari rasa nyeripangkal paha yg sering kali membuat manusia tidak dapat berjalan ketika menderita nyeri pangkal paha.
    Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan

posisi Attahiyat juga sangat baik menekan aliran kandung kemih,prostad dan juga saluran vasdeferens,maka jika di lakukan dengan benar posisi ini dapat mencegah impotensi.

  • Salam
  • Gerakan salam adalah gerakan memutar kepala kekanan dan kekiri hingga sempurna di posisiattahiyat ahir
  • manfaat gerakan:gerakan ini jika di lakukan dengan benar bermanfaatsebagai relaksasi otot2sekitar leher juga kepala.sehingga membuat aliran darah ke kepala sempurna,sehingga membuat anda tidak mudah sakit kepala juga dapat mengencangkan kulit wajah
    Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
    Duduk salam

Sehingga bisa kita ambil kesimpulan bahwa beribadah secara kontinyu selain membuat iman semakin subur juga membuat sehat dan membuat kita cantik dan sehat luar dalam semoga bermanfaat.

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wajibnya menetapi jamaah

0 comments:

Posting Komentar