Manfaat bunga teratai untuk pengobatan

Manfaat bunga teratai untuk pengobatan
Bunga teratai sering ditemukan dimana-mana untuk dijadikan tanaman hias karena memiliki bunga yang indah dan wangi sepanjang hari. Namun, Siapa sangka bunga yang indah dan wangi ini bisa dijadikan sebagai obat. Memang sudah dari dulu nenek moyang kita menjadikan bunga teratai sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Pada tanaman teratai terkandung Protein, Lemak, Karbohidrat, Karoten, Asam nikotinat , Vitamin B1, B7, dan vitamin C.
Manfaat Bunga Teratai untuk obat tradisional :
Manfaat bunga teratai untuk pengobatan
Manfaat bunga teratai untuk pengobatan
1. Batuk dan muntah darah

Untuk mengobati batuk dan muntah darah, Siapkan rimpang teratai lalu cuci sampai bersih, Kemudian blender sehingga menjadi jus. Buat hingga satu gelas ukuran 200 cc. Untuk hasil maksimal minumlah ramuan jus rimpang teratai tersebut secara rutin setiap hari selama 3-5 hari.

2. Muntah, diare

Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, Cuci sampai bersih kemudian jus atau parut untuk diambil airnya. Minum sehari 3 kali.

3. Obat Disentri

Disentri merupakan gangguan peradangan usus terutama usus besar yang menghasilkan diare berat yang menghasilkan lendir atau darah dalam feses. Coba obatilah dengan menggunakan 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe diparut kemudian diambil airnya. Tambahkan air 100 cc, Lalu rebus sampai mendidih dan tambahkan 1 sendok makan madu.

4. Keluar darah dari hidung (mimisan)

Mimisan adalah pendarahan yang keluar dari rongga hidung, Mimisan bukan suatu penyakit. Tetapi hidung yang mimisan dapat menjadi indikasi gejala timbulnya suatu penyakit. Sebelum timbul suatu penyakit coba aja hindari dengan membuat jus dari akar teratai. Caranya, Ambil akar teratai secukupnya kemudian dijus. Peras airnya, lalu teteskan ke dalam lubang hidung.

5. Menurunkan darah tinggi

Untuk mengobati darah tinggi dengan biji teratai, Caranya rebus 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas teratai dengan 350 cc air bersih hingga tersisa 200 cc saja. Lakukan setiap hari.

6. Mengatasi Insomnia

Susah tidur atau sering disebut insomnia. Dapat diatasi dengan biji teratai ini. Caranya ,  Siapkan 5—12 gram biji teratai, Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Tunggu sampai dingin. Ramuan siap di minum.

7. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung dan liver

Mengatasi ke empat penyakitt tersebut dengan cara cuci bersih 100 gram rimpang teratai dan 50 gram akar alang-alang segar, Kemudian potong-potonglah. Rebus semuanya dalam 500 cc air bersih hingga airnya tersisa 250 cc. Setelah dingin airnya disaring dan siap untuk diminum.

8. Mengatasi mata merah

Ambil 3 gram biji teratai dan 9 gram bunga seruni. Bungkus dalam kain bersih, kemudian kukuslah. Setelah agak dingin, Kompres pada mata. Lakukan 2 kali sehari tiap pagi dan malam hari.

9. Mengatasi depresi, stres

Untuk mengatasi depresi, Stress caranya mudah kok. Ambil 20 butir biji teratai, 15 gram biji kelengkeng, 10 butir angco, dan 10 gram kim cim. Rebuslah semuanya dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Biarkan dingin, Setelah air dingin minum airnya. Lakukan ini hingga keluhan berkurang. Rebusan air dari biji ini cocok untuk anak muda yang lagi depresi atau galau.

Nah itu dia manfaat dari bunga teratai untuk pengobatan tradisional,semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuaa.
Baca juga:

Makanan yg harus di hindari bagi penderita darah tinggi.

Manfaat berbuka puasa dgn kurma

Tips sehat,makanan yg sangat baik untuk santab saur.






Manfaat bunga teratai untuk pengobatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: riris swastka

0 comments:

Poskan Komentar