Tips agar tetap segar selama menjalankan ibadah puasa


  Ketika kita Berpuasa atau menahan diri dari hawa nafsu,kita juga menahan diri dari rasa lapar,karna ketika kita berpuasa antara makanan yg masuk dan energi yg di keluarkan ketika beraktifitas sangat jauh berbeda,maka sebab itulah kesehatan badan kita ketika menjalankan ibadah puasa harus extra dalam menjaganya.

 Lalu bagaimana menjaga kesehatan saat berpuasa agar badan tetap bugar? yg pasti harus memperhatikan makanan yg kita konsumsi ketika berbuka maupun saur.

Ketika berbuka,untuk mendapatkan manfaat ketika puasa tapi badan tetapugar maka ketika kita bersantab berbuka puasa makanan yg kita konsumsi haruslah makanan yg menghasilkan energi utama,seperti:lemak,karbohidrat,protein,mineral juga vitamin.

Di bawah ini adalah beberapa tips mengerjakan puasa tapi badan tetap bugar.

Tips yg pertama agar tetap bugar

ketika menjalankan ibadah puasa adalah,dgn mengkonsumsi bahan makanan yg mengandung lima unsur gizi seperti:karbohidrat,lemak,protein juga mineral.

Tips yg kedua agar puasa tetapugar.

Jgn sampai dehidrasi,caranya banyak minum air putih di saat saur maupun berbuka puasa minimal 8 gelas.agar saat kita mengeluarkan keringat saat beraktifitas badan tidak lemas.

Tips yg ke tiga agar puasa tetapugar.

Saat berbuka minumlah dan makan dgn yg hangat,ingat ya yg hangat bukan es he2...dan jangan mengkonsumsi minuman yg bersoda karna dapat berakibat fatal bagi lambung anda.

-jangan langsung minuman dingin seperti es atau sejenisnya 

dgn meminum es atau minuman dingin lainya perut akan menjadi/terasa kembung karna perut sedang dalam keadaan kosong,sehingga asam lambungpun akan semakin banyak.

- Istirahat 1 jam setelah berbuka sebelum menyantab makanan lainya.

hal ini bertujuan untuk memberi keseimbangan pada pencernaan,agar tidak kaget,dan perlu di ingat jgn banyak mengkonsumsi makanan manis,atau makanan /minuman yg asem.

-Ketika berbuka supaya bertahab dan tidak buru2

Hal ini untuk meringankan kerja lambung agar tidak terlalu berat,dan lambung pun tidak kaget.

- Untuk dapat lama menahan lapar konsumsi makanan yg banyak   mengandung serat.

Ketika kita mengkonsumsi makanan yg mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran,maka tubuh manusia memerlukan waktu yg cukup lama mencerna amakanan yg akaya akan serat.selain berserat juga mengandung protein tinggi,mengandung vitamin a,b,hal ini bisa di dapatkan dari sayur2 an berwarna merah dan kuning.

- Bagi yg mempunyai sakit lambung 

  Hindari jenis makanan seperti: mie,ketan,daging berlemak,daging maupun ikan yg diawetkan,sayuran berserat,sayuran mentah,cabai,asam,cuka,karna jenis2 makanan tersebut dia atas dapat meningkatkan gas sehinga meningkat pula asam lambung anda.sehingga kebugaran badan anda akan terganggu.

- bagi yg berat badanya lebih

 hindari makanan yg mengandung kolestrol,misalnya margarin,lemak hewan,mentega,juga hindari terlalu banyak konsumsi makanan yg mengandung gula.gorengan dan sejenisnya.

- Bagi yg kurus

Tambahkan porsi susu anda hindari makanan yg sulit di cerna ,sperti sayuran yg mempunyai serat kasar seperti daun singkong maupun daun pepaya.


- bagi yg usia lanjut

bagi anda yg berusia lanjut,untuk dapat melakukan ibadah puasa tapi badan tetap bugar harus memperhatikan pola makan anda,saat berbuka maupun saat santab saur usahakan untuk berkala,sedikit demisedikit tapi sering.hal ini karna manula iti pencernaan maupun metabolisme dalam tubuh nya sudah tidak seperti yg masih muda.

Itulah beberapa tips agar ketika berpuasa badan tetap bugar.

baca juga:

Cara mengecilkan perut buncit mudah dan efektif

Ini dia diet golongan darah O

Rahasia diet ala dedy corbuzer

ini dia cara menghilangkan komedo yg benar







Tips agar tetap segar selama menjalankan ibadah puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wajibnya menetapi jamaah

0 comments:

Posting Komentar