Resep membuat ketupat lebaran enak dan tidak mudah basi

 Di lebaran iedul fitri ketupat atau makanan yg berbahan beras ini biasanya seringkali di jadikan pengganti nasi di hari raya,yg biasanya sarapan maupun makan siang pake nasi di hari iedul fitri makan pake ketupat,sebenarnya ketupat hampir mirip dgn lontong,yg biasanya di bungkus plastik maupun daun pisang,perbedaanya hanya pada bentuk dan pembungkusnya,kalau rasa relatif sama dgn lontong.hanya kalau ketupat biasanya mempunyai aroma khas janur /daun kelapa muda ,dan mempunyai bentuk khas yaitu diagonal.

    Di hari raya biasanya ketupat di santab bersama opor ayam,sambel goreng ati ampela,dan juga kerupuk udang,atau terkadang ada juga yg di santab bersama sayur lodeh yg berbahan bahan tempe,tahu,kentang,krecek ,sejenis kerupuk yg terbuat dari kulit sapi.di tambah petai.

   Nah di bawah ini kami akan berbagi tips membuat ketupat lebaran enak dan tidak mudah basi,untuk ketupatnya kita biasany bisa membelinya di pasar2 tradisional menjelang lebarab banyak sekali yg menjualnya,tapi bagi yg tinggal di desa ini biasanya dapat membuatnya sendiri.

Cara membuat ketupat lebaran enak dan tidak mudah basi.

. siapkan ketupat yg masih kosong
. cuci beras hingga bersih supaya tidak mudah basi,lalu tiriskan   hingga kering dan tidak tersisa airnya.
. setelah beras kering,masukan kedalam ketupat hingga 1/3   bagian,ingat jgn terlalu penuh nanti tidak matang/nasinya keluar   menjadi jelek bentuk ketupatnya,juga jgn terlalu sedikit nanti   hasilnya lembek,dan cepat basi.
. setelah beras masuk rapatkan ketupat dgn sisa janurnya supaya   beras tidak tumpah.
. kemudian rebus air menggunakan panci besar hingga mendidih,setelah   air mendidih masukan ketupat yg telah di isi beras dan rebuslah   kurleb 3 hingga 4 jam,untuk mendapatkan hasil yg baik dan tidak   mudah basi.
. Setelah matang dinginkan dgn di gantung hingga dingin baru di   konsumsi,karna kalau masih panas ketupat tidak akan kenyal.


Tips membuat ketupak enak dan tidak mudah basi.

. pilihlah ketupat yg terbuat dari janur yg masih muda dan masih    berwarna kuning bersih,supaya hasil ketupatnya juga bersih
. ketika mengisikan beras ke dalam ketupat jgn terlalu penuh   sebaliknya juga jgn kurang dari 1/3 untuk mendapatkan hasil yg   kenyal dan enak.
. setelah ketupat matang pastikan langsung di gantung supaya air   cepat kering dan hasilnya kenyal.
. Potong ketupat ketika benar2 telah dingin hal ini supya hasilnya   lebih baik.

Nah itulah resep membuat ketupat lebaran enak dan tidak mudah basi.

Baca juga:

Resep Pepes jamur bumbu rujak nikmat dan sehat

Resep membuat ayam Kapitan enak dan nikmat

Resep membuat ayam bakar taliwang gurih dan empuk

Resep es lumut sehat dan segar







Resep membuat ketupat lebaran enak dan tidak mudah basi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wajibnya menetapi jamaah

0 comments:

Posting Komentar